Jumat, 15 Januari 2010

Taxonomy Bloom

Taxonomy Bloom
3 aspek dari tujuan pengajaran yang hendak dicapai
• Kognitif (Cognitif domain)
• Efektif (Efectif domain)
• Psikomotor (Psichomotor domain)

A. Aspek Kognitif terdiri dari beberapa tahapan
1. Pengetahuan
Pengetahuan hanya sekedar mengetahui tapi belum memahami, jenjang yang paling rendah dalam kemapmuan kognitif meliputi pengingatan tentang hal-hal yang bersifat khusus atau universal, mengetahui metode & dalam hal ini penekanan utama pada pengetahuan kembali fakta.
Kata operasional: definisikan, ulang, laporkan, ingat, garis bawahi, sebutkan dll

2. Pemahaman
Pemahaman adalah jenjang setingkat diatas pengetahuan & meliputi penerimaan dalam komunikasi sejara akurat menempatkan hasil komunikasi dalam bentuk penyajian yang berbeda mengorganisasikannya secara singkat tanpa merubah pengertian & dapat mengeksplorasikannya
Kata operasional: nyatakan kembali, diskusikan, tempatkan, ceritakan kembali, paparkan kembali

3. Aplikasi
Aplikasi adalah penggunaan prinsip atau metode pada situasi yang baru.
Kata operasional: demonstrasikan, menggunakan, praktekkan, kerjakan

4. Analisa
Analisa menyangkut kemampuan anak dalam memisah-misah terhadap suatu materi menjadi bagian-bagian & bagaimana cara materi itu diorganisir.
Kata operasional: bedakan, bandingkan, inventarisasikan, hubungkan, pecahkan, kategorikan

5. Sintesa
Sintesa meliputi kemampuan anak untuk menempatkan bagian-bagian atau elemen-elemen menjadi satu sehingga membentuk suatu keseluruhan yang koheren.
Kata operasional: komposisikan, desain, formulasikan, atur, rakit, kumpulkan, ciptakan , susun, rancang, sederhanakan

6. Evaluasi
Evaluasi adalah kemampuan anak didik dalam hal pengambilan keputusan.
Kata operasional: putuskan, hargai, nilai, bandingkan, revisi, pemberian skor, perkirakan dll







B. Aspek Afektif terdiri dari beberapa tahapan
1. Menerima atau memperhatikan
Jenjang pertama ini meliputi sensitif terhadap adanya eksistensi suatu fenomena tertentu atau suatu stimulus didalamnya termasuk keinginan untuk menerima atau memperhatikan.
Kata operasional: dengar, lihat, raba, cium, kontrol, waspada, perhatikan, suka dll

2. Merespons
Anak didik dilibatkan secara puas dalam suatu subjek tertentu atau dalam suatu kegiatan sehingga ia akan mencari-cari & menambah kepuasan dari bekerja atau dia terlibat langsung didalamnya.
Kata operasional: persetujuan, minat, reaksi, menolong, membantu, melihat kondisi, partisipasi, gemar, menikmati

3. Penghargaan
Penghargaan meliputi anak didik yang konsisten dan stabil.
Kata operasional: tulus, mempelajari, menginginkan, menghendaki, beretiket, disiplin, rela berkorban, tanggung jawab, yakin dll.

4. Mengorganisasikan
Dalam tahap ini, anak didik membentuk suatu sistem nilai yang dapat menentukan prlaku, hal ini meliputi konseptualisasi & mengorganisasi
Kata operasional: mengidentifikasikan, menjalin, menyusun sistem, menyelaraskan dll.

5. Mempribadi/mewatak
Dalam tahap ini, adanya internalisasi nilai-nilai yang telah mendapatkan tempat pada diri individu yang diorganisir ke dalam suatu sistem yang bersifat internal yang memiliki kontrol prilaku.
Kata operasional: objektif, bijaksana, adil, teguh dalam pendirian, percaya diri, berkepribadian


C. Aspek psikomotor terdiri dari beberapa tahapan
1. Menirukan
Apabila ditunjukkan kepada anak didik suatu action yang dapat diamati, maka ia akan mulai membuat sesuatu terhadap action itu sampai pada tingkat sestem otot-ototnya dan dituntun oleh dorongan kata hati untuk menirukannya.
Kata operasional: lakukan kembali, ikuti

2. Manipulasi
Pada tingkat ini anak didik dapat menampilkan suatu action seperti yang diajarkan & juga tidak hanya seperti yang diamati, anak didik dapat mulai membedakan antara satu set action dengan yang lain, menjadi mampu memilih action yang diperlukan & mulai memiliki ketrampilan dalam memanipulasi & implementasi.
Kata operasional: ikuti petunjuk, tetapkan, coba-coba, kutak-katik, perbaikan tindakan dll

3. Keseksamaan
Keseksamaan meliputi kemampuan anak didik dalam penampilan yang telah sampai pada tingkat perbaikan yang lebih tinggi dalam mereproduksi suatu kegiatan tertentu.
Kata operasional: lakukan kembali, kerjakan kembali, ulangi kembali, teliti kembali

4. Artikulasi
Yang utama dalam tahap ini adalah anak didik telah dapat mengkoordinasikan serentetan action dengan menetapkan urutan secara tepat diantara action yang berbeda-beda
Kata operasional: lakukan secara harmonis, secara urut


5. Naturalisasi
Naturalisasi adalah tingkat terakhir dari kemampuan psikomotorik, pada tahap ini anak didik telah dapat melakukan secara alami satu action atau sejumlah action yang urut, ketrampilan penampilan ini telah sampai pada kemampuan yang paling tinggi & action tersebut ditampilkan dengan pengeluaran energi yang minimum

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More